oleh

Usaha Pengemukan Sapi Bagi Peternak  Di Magetan Mendapat Perhatian Khusus Kodim 0804

Magetan Jawa Timur. Berbagai upaya telah dilakukan Kodim 0804/Magetan dalam rangka memberdayakan wilayah pertahanan guna memantapkan alat, ruang dan kondisi juang yang tangguh, salah satunya adalah melaui pembinaan teritorial (binter) terpadu yang merupakan program dari Komando atas.

Upaya  Kodim 0804/Magetan dalam memberdayakan wilayah pertahanan antara lain dengan memberikan pelatihan pengemukan sapi bagi peternak sapi yang tersebar di kab. Magetan. Seperti diketahui usaha penggemukan sapi ini merupakan salah satu peluang usaha yang prospektif yang banyak dikembangkan di Kab. Magetan. Kali ini Kodim 0804/Magetan  bekerjasama dengan Dinas Peternakan Kab. Magetan Drh Budi Santoso sebagai nara sumber dan study lapangan ke peternakan sapi milik Trenggono di Desa Baron Magetan. Kamis(14/11/2019)

Menurut Drh Budi Santoso ternak sapi bukan sekedar hanya mampu memelihara sampai menghasilkan sapi yang baik dan berkualitas saja, tetapi memilih bibit sapi sesuai dengan permintaan pasar  dan mengetahui bagaimana pembuatan kandang  yang ideal serta cara pemeliharaan  sangat menentukan.

Pemeliharaan kesehatan untuk pengemukan sapi  penting, pemeliharaan sapi ini meliputi kebersian kandang, pemberian nutrisi pakan yang pas sesuai dengan kebutuhan sapi dan  pencegahan supaya sapi selalu sehat, haruslah diperhatikan kapan waktu yang tepat untuk pemberian vitamin dan obat-obatan agar sapi tumbuh sehat siap untuk dilepas kepasaran. “terang Budi”

Pelatihan yang dilaksanakan Kodim 0804/Magetan ini mendapat apresiasi dari tim wasev Staf Ahli bidang ekonomi Kodam V/Brawijaya Kolonel Inf Bambang, S dan Kasiter Korem 081/DSJ Letkol Inf Khamim Tohari. Menurutnya Kolonel Inf Bambang pelatihan ini sangat tepat karena kondisi geografis wilayah Kodim 0804/Magetan sangat cocok untuk budidaya pengemukan sapi, tentunya ini akan menambah pengalaman bagi peternak sapi yang ada di Kab. Magetan. “tuturnya”

Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE. mengatakan pelatihan penggemukan sapi bagi peternak yang ada di Kab. Magetan. ini merupakan kesemptan yang sangat penting untuk menimba ilmu khususnya seluk beluk tentang cara yang tepat pengemukan sapi. “Saya berharap kegiatan ini bermanfaat bagi peternak sapi di Magetan sehingga kegiatan ini harus benar-benar bisa dimanfaatkan dan diambil ilmunya agar dapat menjadi peternak yang berhasil dan sukses,” ungkapnya. (0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed