oleh

Kodim 0804 Magetan, Upacara Peringatan Hari Jadi Ke- 344 Magetan Semakin Maju Dan Sejahtera

MAGETAN – Dandim 0804 magetan yang diwakili Kasdim 0804 Mayor Inf Muji Wahono bersama Danlanud Iswahjudi Marsma TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M dan segenap jajaran Forkopimda Magetan hadiri upacara peringatan hari jadi Magetan ke 344 di alun-alun magetan, dengan Inspektur upacara Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH. MSI. Sabtu(12/10/2019)

Dalam amanatnya Bupati Magetan mengatakan peringatan hari jadi Magetan tidak lepas dari sejarah masa lampau, Ketika Basah Gondokusumo bersama-sama dengan basah suryaningrat pergi ke sebelah timur Gunung Lawu mencari tempat pemukiman baru, karena diberitakan sedang diadakan babat hutan oleh Ki Buyut Suro (Ki Ageng Getas). Pelaksanaan babat hutan ini atas dasar perintah Ki Ageng Mageti sebagai cikal bakal daerah tersebut. Untuk mendapatkan sebidang tanah sebagai tempat bermukim di sebelah timur Gunung Lawu itu, Basah Suryaningrat dan Basah Gondokusumo menemui Ki Ageng Mageti di tempat kediamannya yaitu di Dukuh Gandong Kidul, tempatnya di sekitar alun-alun Kota Magetan saat ini, dengan perantara Ki Ageng Getas. Hasil dari pertemuan ini Basah Suryaningrat mendapat sebidang tanah di sebelah utara Sungai Gandong, tepatnya di Kelurahan Tambran Kecamatan Kota Magetan saat ini.

Peristiwa ini terjadi setelah melalui perdebatan yang sengit antara Ki Ageng Mageti dengan Basah Suryaningrat hingga akhirnya Ki Ageng Mageti mempersembahkan seluruh tanah miliknya sebagai bukti kesetiaannya kepada Kerajaan Mataram Islam. Selanjutnya Basah Suryaningrat mewisuda Basah Gondokusumo menjadi penguasa di tempat baru itu dengan gelar Yosonegoro yang kemudian dikenal sebagai Bupati Yosonegoro. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 12 Oktober 1674 dengan condrosengolo “Manunggaling Roso Suko Hambangun”. Atas jasa-jasa Ki Ageng Mageti maka kemudian wilayah tersebut diberi nama “Magetan”.

Upacara memperingati hari jadi ke-344 Kab. Magetan kali ini mengambil tema “Magetan Smart” dan hari jadi ke-74 Propinsi Jatim mengambil tema “Semangat nawa bhakti setia untuk Jawa Timur sejahtera” Bupati Magetan mengajak aparatur sipil negara dan elemen masyarakat Magetan untuk lebih semangat bekerja dan berkarya agar magetan lebih mengumandang, Magetan bisa menjadi pesona jawa Timur dan bisa mengumandang hingga diluar negeri.

Dengan usia yang selalu bertambah ini  kita berharap Magetan dapat tumbuh dan berkembang dengan semangat kebersamaan yang tetap mengedepankan tali persatuan dan kesatuan untuk membentuk jati diri yang dilandasi  semangat manunggaling roso suko ambangun  mari kita satukan niat dan membulatkan tekat membangun Magetan semakin mantap dan sejahtera. “kata Bupati Magetan”

Sementara itu Dandim 0804 Magetan yang diwakili Mayor Inf Muji Wahono pada peringatan hari jadi magetan yang ke 344 mengucapkan selamat, semoga dengan bertambahnya usia, magetan berhasil dalam segala bidang pembangunan dan magetan semakin maju dan sejahtera. ‘”ungkap kasdim”

Peringatan hari jadi Magetan ke 344 juga di ramaikan demo Drum Band dari SMK angkasa dan Flay Pass Pesawat tempur F.16 serta Hely SA.330 Puma dari Lanud Iswahyudi. (Pen0804)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed