oleh

Danramil 0804/10 Kawedanan Berikan Sosialisasi Kepada Masyarakat Tentang Pencegahan Dan Bahaya Kebakaran

Magetan – Komandan Koramil 0804/10 Kawedanan Kapten Caj Jemani menghimbau kepada masyarakat binaannya untuk mengantisipasi terhadap terjadinya bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal tersebut disampaikan pada saat melaksanakan anjangsana dan patroli ke desa desa binaan serta menjumpai masyarakat yang baru pulang dari kebun atau ladang diarea gunung bancak, Rabu (9/10/2019).

Danramil 10/Kawedanan mengatakan, bahwa salah satu upaya yang dilakukan yaitu menghimbau serta mengajak masyarakat sekitar gunung bancak untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar guna mencegah terjadinya kebakaran sekecil apapun.

“Kita terus ingatkan masyarakat untuk antisipasi sekecil apapun bahaya Karhutla, jangan sampai membuka lahan dengan cara membakar, karena dapat berdampak tercemarnya udara dan juga merugikan lingkungan kita”, kata Danramil.

Sebagaimana diketahui sekarang ini cuaca sedang panas, sehingga sangat rawan terjadinya kebakaran yang disebabkan kondisi suhu udara yang tinggi dan kering. Untuk itu, perlu adanya kepedulian bersama dalam menjaga lingkungan , maka masyarakat agar jangan membuang puntung rokok sembarangan serta jangan melakukan pembakaran lahan untuk membuka kebun atau ladang.

“Pembakaran lahan berdampak pada kerusakan ekosistem, musnahnya flora dan fauna, menimbulkan polusi dan penyakit ISPA, mengganggu jarak pandang transportasi, menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim, hutan gundul dan tanah longsor, sehingga sumber air akan semakin menipis , kita bersama-sama harus saling peduli terhadap lingkungan agar bencana Karhutla tidak terjadi di wilayah kita”, imbuhnya. (R10)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed