oleh

Danramil 12 Lembeyan Hadiri Musyawarah Desa Penyusunan Perencanaan Rkpdes Nguri

MAGETAN, JAWA TIMUR, Rencana Kegiatan Pembanguan Desa (RKPDes) disusun untuk jangka waktu 1 tahun berdasarkan RPJM Desa. Musyawarah penyusunan perencanaan RKPDes Nguri Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan di Kantor Desa Nguri Kecamatan Lembeyan KabupatenMagetan Provinsi Jawa Timur, Selasa (17/09/19).

 

Kegiatan ini dihadiri Camat Lembeyan Syaiful yani, Kades Nguri Sriyono, Danramil 12 Lembeyan Kodim 0804 Magetan Forum Komunikasi pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Lembeyan sekaligus sebagai Narasumber diantaranya Camat Lembeyan Syaiful yani, Danramil 12/ Lembeyan, Kodim 0804/Magetan Kapten Inf  Puguh Prihandoko, Kapolsek lembeyan Akp Suyatni, Kepala Desa Sriyono dan perangkat, Ketua BPD dan Anggota, Kasi PMD, Kasi Tata Pemerintahan, Ketua Rt/Rw dan tokoh masyarakat Desa nguri beserta Toga, Todat, Tomas dan para Ketua RT.

 

Dalam sambutannya Camat Lembeyan Syaiful yani menyampaikan tentang rencana pembangunan yang belum terlaksana agar di data terutama di bidang pembangunan. Namun demikian skala perioritas menjadi sasaran utama disesuaikan dengan anggaran yang ada.

 

Disela-sela pertemuan Danramil 12 Lembeyan Kodim 0804 Magetan Kapten Inf Puguh P menyampaikan pesan dan himbauan agar dalam penyusunan RKP Tahun Anggaran 2019, tetap berpegang sesuai aturan Perundang-undangan yang berlaku, sehingga dana yang telah disepakati bersama betul-betul digunakan untuk pembangunan desa agar nantinya hasil pembangunan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Desa Nguri.

 

Dalam rangka penyusunan RKPDes tahun 2020 dimana terdapat agenda yaitu pencermatan RP Desa, pembentukan team verifikasi dan team penyusun RKPDes. Pemaparan pemerintah desa tentang Rencana prioritas program dibidang masing-masing diantaranya Bidang penyelenggaraan pemerintah desa, Bidang pembangunan, Bidang pembinaan masyarakat dan Bidang pemberdayaan masyarakat berdasarkan RPJM Desa. Setelah pembahasan materi telah dilaksanakan maka selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa menyepakati beberapa hal yang prioritas untuk menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangka penetapan RKPDes tahun 2020 dan akan dimasukan dalam pra  APBDes maupun mudes penetapan APBDes tahun 2020.

 

Sriyono, selaku Kepala Desa nguri mengatakan bahwa kegiatan musyawarah desa ini merupakan kegiatan rutin yang sering dilaksanakan setiap tahun, namun kegiatan ini sangat penting karena dengan musyawarah ini menjadi bahan masukan dalam penyusunan RKPDes untuk tahun yang akan datang. Nanti program-program indikatif dimasing-masing bidang akan disampaikan dan langsung saja nanti kalau ada usulan-usulan bisa disampaikan dan sekaligus nanti akan ditetapkan sebagai RKPDes. Anggaran desa yang ada akan di alirkan ke berbagai bidang seperti bidang pembangunan, pembinaan, dan lain-lain.

 

Untuk Bidang Pembangunan Desa, semua kegiatan yang dibiayai oleh Dana Desa harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan. Sedangkan untuk Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, kegiatan ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat desa dengan mendayagunakan potensi dan sumberdaya yang ada di desa sehingga desa dapat menghidupi dirinya secara mandiri. Dan disini juga ada program di Bidang Pemerintahan dan Bidang Pembinaan sehingga harapannya program-program yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang ingin dicapai sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat Desa nguri, (pgh).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed