oleh

Babinsa Koramil 10 Kawedanan Mengiringi Prosesi Ritual Bersih Desa Dengan Doa Bersama

MAGETAN-JAWA TIMUR : Bersih Desa merupakan  selamatan atau upacara adat Jawa untuk memberikan Doa kepada leluhur Desa seperti halnya di Desa Garon Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan provinsi jawa timur sedang melaksanakan Bersih Desa dengan hiburan tayuban atau istilah jawa disebut gambyong , Kamis (12/9/2019).

Seni Tayub mengiringi prosesi ritual Bersih Desa di Desa Garon Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan . Semua warga Desa Garon tumpah ruah untuk melaksanakan doa dan selamatan di makam leluhur desanya serta menyaksikan upacara adat Bersih Desa.

Tari Tayub, atau acara Tayuban, merupakan salah satu kesenian Jawa yang mengandung unsur keindahan dan keserasian gerak.

Dalam pelaksanaan Bersih Desa di Desa Garon Kecamatan Kawedanan berlangsung ramai dan meriah , Bersih Desa dilaksanakan setiap Tahun sekali di Bulan Suro atau Bulan Muharam , dalam pelaksanaan Bersih Desa tersebut di hadiri oleh Kepala Desa Ibu Woro Gunariati  , Perangkat Desa , Babinsa Serda Suyono , Babinkamtibmas dan para tokoh tokoh masyarakat Desa Garon serta masyarakat setempat.

Kepala Desa Garon Ibu Woro Gunariyati  menyampaikan , bahwa kegiatan bersih desa ini diadakan setiap tahun sekali yakni di bulan muharam atau istilah jawa bulan suro.

Acara adat ini dilaksanakan dari dulu sudah turun temurun dari nenek moyang kita, jadi kita tinggal meneruskan acara adat desa. Prosesi ritual ini di iringi oleh kesenian Tayub. Seni Tayub memegang peranan penting sebagai salah satu bagian utama dari ritual bersih Desa. Selain itu juga digunakan sebagai hiburan pada masyarakat,” jelas Kepala Desa Kepala Desa Garon. (tsr).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed