oleh

Sarasehan Desa Sadar Kerukunan Dan Deklarasi Magetan Damai

Magetan – Bertempat dilapangan Sorgades (Sarana Olahraga Desa) Ds. Poncol Kec. Poncol pada hari Sabtu (31/08/19) dilaksanakan giat Sarasehan/Dialog Desa Sadar Kerukunan dan Deklarasi Damai bersama Wakil  Bupati Magetan Ibu Hj. Nanik Endang Rusminiarti, S.Pd., M.Pd. Semula acara akan dihadiri bupati magetan namun karena bupati magetan ada kegiatan lain maka kegiatan diwakilkan kepada wakil bupati Magetan Ibu Hj. Nanik Endang Rusminiarti, S.Pd., M.Pd.

Dalam giat tersebut  dihadiri oleh Wakil Bupati Magetan Ibu Hj. Nanik Endang Rusminiarti, S.Pd., M.Pd. ,Kapolres Magetan diwakili Wakapolres Kompol Jumadi, S.H., Kepala Kemenag Kab. Magetan Bpk. H. Muttaqin, M.Ag.,Forkopimca Poncol, Kades/Kakel se Kec. Poncol, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Ds. Poncol, Tokoh Agama se Kec. Poncol, Pengasuh/Pimpinan Ponpes se Kec. Poncol, Pendeta/Pimpinan Gereja Advent Ds. Poncol, Pandita/Pimpinan Umat Budha se Kec. Poncol, Tokoh/Anggota FKUB Kec. Poncol, Perangkat Ds. Poncol, Tomas dan Toda Ds. Poncol, Tamu undangan dan Warga Masyarakat 350 orang.

Dalam kegiatan tersebut dideklarasikan “DEKLARASI DAMAI UNTUK KABUPATEN MAGETAN”

Kami Seluruh tokoh umat beragama dan tokoh masyarakat bersama dengan jajaran pemerintah ,penegak hukum menyatakan sikap :

1.Menolak segala bentuk kekerasan dan intolerasnsi di indonesia

  1. Siap menjadi pelopor pemberatasan terorisme dan segala bentuknya
  2. Mendukung dan menghargai seluruh usaha pemerintah negara kesatuan republik indonesia dalam memerangi dan menanggulangi terorisme dengan segala akibat yang di timbulkannya
  3. Mendukung dan mendorong penegak hukum serta lembaga/instansi dalam pemberantasan terorisme di indonesia
  4. Mengedepankan sikap toleransi antar umat beragama dalam negara kesatuan republik

Dasar dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah  Surat dari Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur No : B-1486/Kw.13.1.3/BA.02/03/2019 tanggal 22 Maret 2019 tentang Pemberitahuan bantuan pembinaan Desa sadar kerukunan dan menindak lanjuti hasil rapat FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) pada tanggal 22 Agustus 2019 di rumah Kepala Desa Poncol.

Kegiatan tersebut  dimaksudkan untuk menciptakan suasana kerukunan antar umat beragama yg harmonis dan baik di wil Kec. Poncol, yang  Masyarakatnya terdiri dari pemeluk 3 Agama yaitu Agama Islam, Agama Nasrani dan Agama Budha, serta selama ini di wil Kec. Poncol telah terjalin Forum antara ke-tiga Agama tsb dan telah berjalan secara baik guyub-rukun dengan saling membaurnya Masyarakat yg berbeda Agama/keyakinan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam acara tersebut mendapat pengamanan sepunuhnya dari Koramil 0804/05 Poncol serta bekerja sama dengan Polsek Poncol. Acara berlangsung meriah dengan ditampilkan kesenian tradisional yang ada diKecamatan Poncol. (R.05)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed