oleh

PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN KETUA TP. PKK DESA Se-KECAMATAN JENU

Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai gerakan pembangunan masyarakat bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. Sasaran Gerakan PKK adalah keluarga, baik di pedesaan maupun perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan dan kepribadiannya, dalam bidang Mental Spiritual menjadi Sikap dan Perilaku sebagai insan hamba Tuhan, anggota masyarakat dan warga yang dinamis serta bermanfaat, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945. Kegiatan Fisik material meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan, dan keterampilan.

 

Bertempat di Pendopo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban 16 Ketua TP. PKK tingkat Desa se-Kecamatan Jenu Periode 2019 – 2025 resmi di lantik dan dikukuhan (Kamis/29/08/19).

 

Ketua TP. PKK  Kecamatan Jenu Ny. Novia Dwi A. A. M. Riza  menyampaikan harapan kepada para Ketua TP. PKK tingkat Desa yang baru dilantik dan yang telah terpilih agar dapat melaksanakan tugas-tuganya, serta senantiasa bekerja sama dengan semua perangkat pemerintah desa yang ada dan juga dengan seluruh masyarakat.

 

” PKK merupakan tulang punggung pemerintah daerah dalam membangun kemandirian keluarga sejahtera yang mandiri dan sehat. Bagi Ketua TP. PKK tingkat Desa harus bekerja dengan semangat” kata Novia Dwi A. A. M. Riza

 

Sumpah dan janji yang diucapkan saat ini merupakan sebuah amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan keiklasan untuk menata dan memajukan desa serta senantiasa membangun kemitraan bersama semua pihak.
Turut hadir pada acara ini Camat Jenu (M.Maftuchin Riza, S.STP,MM), Ketua TP PKK kecamatan Jenu (Ny. Novia Dwi A. A. M. Riza,  Kerohaniawan (Burhanudin), Babinsa Remen (Pelda Sujoko Purwanto), Kasium polsek Jenu ( AiptuSiswo ),  Kader PKK dan Pengurus PKK kecamatan Jenu serta Ibu Ketua TP PKK se-Kecamatan Jenu.

 

PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga. PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah dengan wanita khususnya para ibu sebagai penggeraknya.

 

Pada kesempatan yang sama Camat Jenu (M.Maftuchin Riza, S.STP,MM) juga menyampaikan “ Hari adalah tonggak awal panjenengan untuk pengabdian di desa masing-masing, guna membantu mensukseskan program-program Kecamatan, Kapupaten , Propinsi  dan negara Kesatuan Republik Indonesi “pangkasnya.

 

Pemberdayaan masyarakat akan terwujud bila ada upaya untuk memberdayakan keluarga, yang dapat diupayakan dengan fasilitasi non-Instruktif guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Pemberdayaan keluarga ini penting karena akan menghasilkan kemandirian keluarga. Hal-hal tersebut di atas menjadi tugas mulia TP-PKK Kabupaten untuk terus memotivasi, membimbing, dan membina TP-PKK Kecamatan, Desa, beserta para kadernya sehingga lebih berdayaguna dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

 

Penulis : Sujoko Purwanto

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed