oleh

Menjelang Hari Raya Idul Adha Anggota Koramil 0804-13/ Bendo Bersihkan Masjid

-Berita-1.271 views

Magetan, Menjelang Hari raya Idhul Adha 1440 Hijriyah, Anggota Koramil 0804-13/ Bendo bersama warga masyarakat mengadakan kerja bakti pembersihan sekitar masjid Al Huda Dusun Sanan Desa Pingkuk Kecamatan Bendo. Rencana masjid tersebut digunakan untuk melaksanakan Ibadah sholat Idul Adha oleh warga masyarakat sekitar Dusun Sanan. Kerja bakti Jumat bersih ini  dengan membersihkan halaman dan ruangan masjid agar tercipta Masjid yang bersih dan suci, supaya pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Adha dapat berjalan dengan Khusuk. (Jumat, 09/08/19)

Kalau kita melihat sekilas memang Masjid hanyalah sebuah bangunan yang terdiri atas lantai, atap, tiang, tembok dan lain-lain. Namun, secara nilai spiritual Masjid sejatinya poros kegiatan dan urat nadi yang sangat penting untuk umat Islam. Selain sebagai tempat untuk menebar kebaikan dan pahala, masjid juga tempat untuk seorang hamba bersujud dan berdoa kepada Allah SWT.

Didalam masjid inilah umat Islam membangun komunikasi vertikalnya dengan Allah lebih utama dilakukan di dalam masjid. Di dalam masjid itulah, seorang Muslim membangun jembatan untuk mi’raj menuju Sang Khalik. Masjid dihidupkan dan dimakmurkan dengan lantunan doa-doa, zikir dan tasbih kepada Tuhan Semesta Alam.

Tetapi terkadang kita pernah memasuki masjid dalam kondisi yang kurang bersih. Karpetnya kusam, tidak rapi serta banyak sampah-sampah kecil. Dan ketika bersujud, hidung kita mencium bau yang kurang sedap. Belum lagi tempat wudhunya yang cukup kotor, lantainya tidak dipel, keran airnya banyak yang rusak, dan bau toiletnya mengganggu hidung. Ini akan mengganggu umat Islam dalam beribadah sehingga Ibadahnya tidak Khusuk lagi.

itulah, bertepatan dengan hari jumat ini Anggota Koramil 0804-13/ Bendo mengajak masyarakat sekitar Masjid untuk bersama-sama membersihkan halaman Masjid dari rumput-rumput liar yang tumbuh dan sampah-sampah yang berserakan karena sebentar lagi Masjid digunakan untuk Sholat Idul Adha. Tidak ketinggalan juga lantai dan langit-langit ruangan juga harus dibersihkan agar suasana masjid tetap rapi dan bersih sehingga kalau orang yang melaksanakan Ibadah akan lebih Khusuk.

Kyai Mardi selaku Imam masjid mengucapkan banyak terimakasih kepada anggota Koramil 0804-13/ Bendo yang sudah peduli tentang kebersihan masjid. Kegiatan ini juga mendapat sambutan yang positip dari masyarakat sekitar, karena dengan kehadiran anggota TNI yang peduli tentang kebersihan Masjid sangat terpuji dan perlu dipertahankan. Inilah wujud kebersamaan antara anggota Koramil 0804-13/ Bendo sebagai Komando Teritorial dengan warga binaan untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan untuk menciptakan lingkungan sehat, termasuk lingkungan Ibadah yang ada di wilayah Kecamatan Bendo, (R13)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed