oleh

Dinas PMD Magetan Gelar Sosialisasi Dan Simulasi Sistem E-Voting  Pilkades Desa Belotan

Magetan, Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak diwilayah Kabupaten Magetan, sesuai rencana akan dilaksanakan pada tanggal 27 Nopember 2019 mendatang. Pilkades kali ini ada dua sistem yang digunakan yaitu melalui coblosan (manual) yang biasa dilaksanakan pada saat Pilkades  sebelumnya dan menggunakan sistem elektronik (E-voting). Masing-masing Kecamatan ada satu Desa yang akan menggunakan sistem E-Voting ini dengan katagori Desa yang jumlah penduduknya paling banyak. Untuk Kecamatan Bendo ada 15 Desa yang menggelar Pilkades, sedangkan yang menggunakan sistem E-Voting adalah Desa Belotan dan untuk 14 Desa lainnya menggunakan sistem coblosan (manual).

E-Voting merupakan sistem baru, jadi masyarakat khususnya warga Desa Belotan masih awam dengan cara tersebut. Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar sosialisasi dan simulasi tentang pelaksanaan Pilkades menggunakan sistem E-Voting ini kepada warga masyarakat Desa Belotan bertempat di Balai Desa Belotan Kecamatan Bendo. (Jumat, 23/08/19)

Acara sosialisasi dan simulasi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Magetan Eko Muryanto, SIP. MSi. Kepala Dinas Kependudukan Kabupaten Magetan Drs. Hermawan, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan Saif Muklison, S.Sos. Forkopimca Bendo antara lain Camat Bendo Tri Atmadi, S.Sos. Danramil 0804-13/ Bendo Kapten Inf Sarpan, Kapolsek Bendo AKP Endang Wahyuni, SH. Serta menghadirkan seluruh Panitia Pilkades Desa Belotan dan warga masyarakat Desa Belotan.

Kepala Dinas PMD Magetan Eko Muryanto, SIP. MSi. Menyampaikan bahwa Pilkades serentak merupakan hajat Kabupaten Magetan dan sudah ditetapkan dengan perencanaan yang matang yang kemudian dituangkan dalam Perbup  No 34 tahun 2019 yang dalam pelaksanaannya melalui manual dan E-Voting. Sampai dengan saat ini masyarakat Kabupaten Magetan telah melaksanakan perekaman E-KTP 99% sehigga data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sudah aman. Setelah menerima sosialisasi dan simulasi agar Panitia Pilkades harus sosialisasikan kembali kepada seluruh warga masyarakat agar mereka betul-betul paham dan mengerti tentang sistem E-Voting ini.

“Pemerintah Kabupaten Magetan akan menggelar Pilkades dengan sistem E-Voting ini di 18 Desa, termasuk Desa Belotan. Disini akan disimulasikan bagaimana penggunaan alat tersebut, sehingga masyarakat khususnya Desa Belotan paham betul penggunaannya. Tehnologi E-Voting ini  tidak dapat dimanipulasi karena Off Line. Dengan sistem yang baru jangan jadi penggalang dalam demokrasi, dengan adanya alat ini sistem menjadi modern dan akan lebih praktis dalam pelaksanaannya.” Imbuh Eko Muryanto.

Danramil 0804-13/ Bendo Kapten Inf Sarpan mengajak seluruh komponen masyarakat agar mendukung dan mensukseskan Pilkades serentak ini, baik yang menggunakan sistem E-Voting maupun manual laksanakan tahapan Pilkades ini dengan baik dan benar agar pelaksanaan Pilkades nanti dapat berjalan dengan jujur, adil, lancar dan aman. Mari kita semua jaga kerukunan antar warga, jangan ada gesekan maupun permusuhan antar pendukung pasangan calon. Mari kita ciptakan situasi yang aman dan tentram diwilayah kita. Baik pada saat menjelang maupun setelah pelaksanaan Pilkades wilayah Kecamatan Bendo harus tetap aman dan kondusif. (R13)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed