oleh

Babinsa Desa Prampelan, Lestarikan Tradisi  Melalui Kegiatan Bersih Desa

Magetan – Bersih Desa adalah merupakan upacara sakral yang banyak diadakan di daerah di Jawa. Seperti yang ada di Desa Prampelan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan.Bersih Desa adalah tradisi yang dilakukan sekali  dalam setahun.

Pada acara ini juga di hadiri Babinsa Sertu Budi Utama. Acara adat ini pada dasarnya untuk melestarikan kebudayaan dari nenek moyang kita. dengan upacara kesuburan tanah dan diadakan secara massal. pada zaman sebelum Islam, upacara ini diselenggarakan untuk memuja roh para leluhur, selaras animisme-dinamisme yang menjadi model kepercayaan masyarakat saat itu.

Namun pada saat sekarang, tradisi ini tampak mengalami pergeseran makna dan bentuk, yaitu dari pemujaan terhadap roh menjadi ritual untuk menunjukkan  atau mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT Rasulan juga banyak dilakukan oleh masyarakat Islam Jawa atau kejawen.

Berdasarkan metode yang digunakan, maka terungkaplah bahwa, keterpautan antara adat dan hukum Islam dalam tradisi bersih desa adalah sebagian dari ritualnya dikaitkan dengan hukum Islam, sehingga sedikit  demi sedikit ajaran Islam menjadi cara pandang masyarakat yang bercampur dengan tradisi lama, serta  makna-makna ritual dalam tradisi bersih desa pada umumnya oleh masyarakat Desa Prampelan dinilai sebagai lambang untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas segala nikmat dan rahmatnya. Pungkasnya ( Bay.R_07 )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed