oleh

Babinsa Koramil 0804/ Bendo Mendampingi Petugas Dari Uptd Puskesmas Untuk Mendata Keluarga Sehat

Magetan_ Babinsa Desa Pingkuk Pelda Budianto mendampingi petugas dari UPTD Puskesmas Bendo dalam rangka mendata keluarga sehat yang ada diwilayah Desa Pingkuk. Babinsa dan petugas yang diterjunkan dari UPTD Puskesmas Bendo ini mendatangi tiap-tiap ketua Rukun Tetangga (RT) untuk mengumpulkan warganya dengan membawa Kartu Keluarga dan BPJS maupun Kartu sehat lainnya. Jadi masing Rukun Tetangga sudah ada petugas yang mendata salah satunya dirumah Bapak Sujono ketua RT 03/01 Desa Pingkuk Kecamatan Bendo petugasnya yaitu Susanti Mayasari, Amd. Keb. dan Budiarti, Amd. Keb. (Kamis, 11/07/19)

 

Pendataan Keluarga Sehat (PIS-PH) oleh petugas dari UPTD Puskesmas Bendo yang didampingi Babinsa tersebut adalah untuk mengetahui derajat kesehatan pada masyarakat dengan cara pendekatan keluarga agar bisa lebih akurat pendataannya karena para petugas datang langsung menemui keluarga yang bersangkutan dengan langsung wawancara terhadap keluarga tersebut sehingga akan didapat data mengenai riwayat kesehatan satu keluarga tersebut maupun pelayanan kesehatan apa saja yang sudah di manfaatkan oleh keluarga tersebut sehingga dari kegiatan tersebut sangat banyak sekali manfaatnya.

 

Anggota keluarga yang didata mendapatkan konsleting langsung tentang kesehatan serta pemeriksaan kesehatan secara sederhana, dengan adanya pemeriksaan langsung akan dapat terdeteksi masalah kesehatan yang ada dimasyarakat seperti kurangnya sarana air bersih, jamban dan lain sebagainya serta bisa mendapatkan data yang lebih akurat dan diminta kepada masyarakat jangan menutupi tentang masalah kesehatan kita agar para petugas dengan segera dapat menindak lanjuti informasi yang di sampaikan dengan memberi informasi yang benar.

 

Pelda Budianto menyampaikan bahwa pendampingan yang dilakukan merupakan bentuk tanggungjawab sebagai Babinsa yang harus mengetahui secara nyata kondisi kesehatan keluarga maupun kehidupan sehari-hari warga binaannya serta keadaan kesehatan  lingkungan. Ini juga untuk mengajak warga dalam rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), dalam kesempatan yang baik ini juga digunakan Babinsa untuk bertatap muka langsung dengan warga dan menjalin silahturahmi dengan warga binaan agar warga mengenal betul sosok Babinsa.

 

“Semoga warga binaan saya bisa berprilaku hidup sehat dengan selalu menjaga kesehatan dirinya maupun keluarganya serta menjaga kesehatan lingkungan disekitar kita. Gunakan fasilitas kesehatan yang ada apabila anggota keluarga ada yang sakit. Harapan saya dengan adanya kegiatan pendataan Keluarga Sehat ini akan lebih meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat Desa Pingkuk khususnya dan warga Indonesia pada umumnya”. Tutur Pelda Budianto. (R13)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed