oleh

Babinsa Berikan Bekal Kedisiplinan Dan Nasionalisme Siswa Di Sekolah

Tuban – Di era modernisasi seperti sekarang ini, dimana arus globalisasi berkembang demikian pesatnya, ada sejumlah kalangan yang mengkhawatirkan terjadi merosotnya rasa nasionalisme, cinta tanah air dan bangsa serta wawasan kebangsaan, utamanya para generasi muda.

Untuk itu, mengantisipasi hal tersebut, Babinsa Koramil 0811/03 Semanding, Pelda Salekan dan Serka Windarto memberikan pembekalan dan pelatihan baris berbaris kepada siswa-siswi SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban, Jalan HOS Cokroaminoto, Tuban, Kamis (25/7/2019).

Pada kesempatan itu, Pelda Salekan menjelaskan, maksud diberikannya materi Peraturan Baris Berbaris kepada siswa-siswi adalah memberikan suatu latihan awal dalam membela negara. Menanamkan rasa disiplin pada siswa. Menumbuhkan rasa kebersamaan diantara teman.

“Sedangkan tujuannya untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dengan rekan, sikap disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggung jawab pada siswa,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pihak sekolah, sebagai penanggung jawab mutlak dalam pembentukan karakter bagi siswa-siswinya menyiapkan generasi muda yang handal dan mampu bersaing dalam derasnya arus globalisasi dengan tetap berpegang teguh pada disiplin dan nilai-nilai kebangsaan.

“Bukan perkara mudah bagi generasi muda kita ini menghadapi tantangan masa depan, harus kita siapkan sejak dini. Modal utama menghadapi masa depan, siswa-siswi ini tidak hanya pintar, tetapi harus memiliki disiplin tinggi serta memiliki nasionalisme dan rasa cinta tanah air, sehingga kelak mereka akan menjadi generasi penerus bangsa yang akan membangun negeri ini sesuai bidang dan keahliannya masing-masing,” ungkap Pelda Salekan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban, Suyanto menyampaikan apresiasinya atas bantuan pelatihan PBB dari Koramil Semanding, yang diharapkan dapat membantu sekolah dalam menanamkan kedisiplinan bagi siswa-siswinya.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin sekolah, setiap tahun kita lakukan dengan bekerjasama dengan pihak Koramil Semanding. Hal ini, agar para siswa benar-benar dapat memahami arti pentingnya disiplin, nasionalisme dan wawasan kebangsaan dalam menyongsong masa depan mereka kelak.” ujarnya.(Pendim0811)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed