oleh

Lebaran Usai, Babinsa Pumpang Kembali Terjun Ke Sawah

Tuban- Semangat Kodim 0811/Tuban untuk mewujudkan program swasembada pangan sepertinya sangat serius. Terbukti, meski Lebaran baru saja berlalu, anggota Koramil 0811/06 Plumpang mulai aktif turun ke sawah untuk mendampingi petani.

Peran Babinsa untuk ikut menjaga dan mensukseskan ketahanan pangan, benar-benar direalisasikan. Selain ikut memberikan penyuluhan, para tentara ini juga ikut mendampingi petani mulai dari proses pengolahan lahan hingga panen.

Dia adalah Sertu Agus, Babinsa Kepoh Agung Koramil 0811/06 Plumpang yang turun ke sawah membantu mendampingi pengairan/irigasi sawah milik Putut, warga Desa kepohagung, Kecamatan Plumpang, Tuban, Selasa (11/06/2019).

Kali ini dilahan milik Pak Putut, Sertu Agus membantu mengairi sawah seluas 0,5 hektar yang sedang ditanami tanaman jagung dengan menggunakan mesin diesel.

Pada kesempatan itu, Babinsa Kepohagung, Sertu Agus mengatakan, sebagai aparat teritorial, ia mengajak para petani agar lebih bersemangat dalam bercocok tanam. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam pencapaian swasembada pangan.

“Disamping pendampingan pertanian, sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, Babinsa selaku aparat teritorial merupakan ujung tombak TNI yang berada di seluruh wilayah desa binaannya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, diharapkan mampu mendorong para petani yang ada di wilayahnya dalam rangka meningkatkan produksi pangan.

“Babinsa selaku motivator, yang harus mampu mengajak para petani untuk mendukung pencapaian program swasembada pangan nasional,” tegas Agus.

Sementara, itu Putut selaku petani pemilik lahan mengatakan, sangat berterima kasih kepada Babinsa, yang telah membantunya dalam pengairan sawah kali ini, diakuinya mulai dari tahap penanaman selalu diberikan cara yang terbaik agar tanaman jagungnya bisa tumbuh subur.

“Mudah-mudahan upaya kita (petani) yang dibantu oleh TNI mulai proses pengolahan lahan sampai dengan panen jagung menuai hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan,” harap Putut.(Pen Tbn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed