oleh

Babinsa Penambangan Cabut Gulma

Tuban – Gulma adalah sejenis rumput atau tanaman liar yang tumbuh berkembang diladang maupun area persawahan, biasanya gulma banyak tumbuh subur pada sela-sela atau di antara tanaman jagung.

 

Untuk mengantisipasi semakin berkembangnya gulma pengganggu seperti yang tumbuh berkembang dilahan jagung milik Bapak Widodo kelompok tani (Poktan) “Margo Utomo” Babinsa Penambangan Koramil 03 Semanding Kodim 0811/Tuban Sertu Mutharom  membantu membersikan gulma atau rumput liar yang berlokasi di Desa Penambangan Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban, Selasa (04/06/19)

 

Dikatakan oleh Babinsa Penambangan Sertu Mutharom bahwa keberadaan gulma tersebut yang dimaksud, sebagai tanaman pengganggu pada tanaman khususnya tanaman jagung yang nantinya mengakibatkan tanaman tidak dapat tumbuh maksimal dan mengurangi hasil panen.

 

“Gulma pada umumnya bersifat invasif, gulma mengurangi sumber-sumber makanan yang dibutuhkan tanaman jagung untuk tumbuh secara maksimal, termasuk nutrisi, air, dan sinar matahari,” terang Sertu Mutharom.

 

Dengan mencabut gulma menggunakan tangan bisa jadi prosesnya lambat, namun sering kali cara ini diperlukan ketika gulma mulai tumbuh terlalu dekat dengan tanaman baik itu dari tanaman jagung maupun padi, cara ini memberi anda kesempatan untuk menghilangkan akar gulma yang besar, dan bagian permukaan gulma sehingga mencegah gulma yang sama tumbuh kembali,” jelasnya.

 

Pembasmi gula juga bisa dilakukan dengan menggunakan penyemprotan racun rumput. “Dengan obat rumput tertentu selain membasmi gulma juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang jagung serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar tanaman jagung,” tutupnya. ( Pendim Tbn )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed