oleh

Dandim 0804 Magetan Hadiri Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2019

Berita Magetan – Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy SE. menghadiri upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2019, dengan mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH. Msi. dipusatkan di Lapangan Kelurahan Keraton Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan. Kamis(02/5/2019).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam sambutannya yang dibacakan yang dibacakan oleh Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH. Msi, bahwa peringatan Hardiknas Tahun 2019 ini sangat penting bagi generasi penerus bangsa, khususnya di dunia pendidikan. Di sisi lain, pendidikan juga harus mampu mendukung keberagamaan kebudayaan.

Dirinya menilai, melalui hal itu, penguatan pendidikan secara tidak langsung akan berdampak pula pada majunya kebudayaan Indonesia.“Cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud jika kita bekerja keras dan berdaya jelajah luas. Hanya dengan cara itu, kerja pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.  Marilah kita jadikan peringatan hardiknas kali ini sebagai momementum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan  dan kebudayaan sebagaimana  tercermin  dalam ajaran, pemikiran dan praktek pendidikan yang telah dilakukan oleh Ki Hajar Dewantaoro.

Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Diakhir sambutannya Bupati Magetan menyebutkan bahwa sesuai UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13 bahwa tujuan pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” terangnya”

Kegiatan Upacara Hardiknas tahun 2019 di Kab. Magetan tersebut dikemas bersamaan peringatan hari Asma Sedunia, Hari Bulan Sabit dan Hari Kebangkitan Nasional serta dilaksanakan penandatangan spanduk pendidikan anti korupsi di wilayah Kabupaten Magetan. Kegiatan diakiri dengan penandatanganan prasasti  “Pencanangan Magetan Kabupaten Literisasi”.  [R06]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed