oleh

Cegah Abrasi Pantai, Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo, Masyarakat dan Warga PSHT Rayon Sidomulyo, Tanam Pandan di Pantai Soge

Pacitan – Pantai Soge adalah salah satu wisata Pantai yang ada di pesisir Kabupaten Pacitan yang memiliki pesona alam yang cukup menarik wisatawan. Pantai Soge  berada di Kabupaten Pacitan Jawa Timur tepatnya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Berjarak sekitar 30 km dari Alun – Alun Pacitan ke arah timur. Salah satu permasalahan yang terjadi di daerah Pantai adalah Abrasi.

Abrasi merupakan istilah untuk menggambarkan pengikisan daerah pantai yang terjadi karena gelombang dan arus laut destruktif. Pengikisan yang demikian menyebabkan berkurangnya daerah pantai mulai dari yang paling dekat dengan air laut karena menjadi sasaran pertama pengikisan. Jika dibiarkan, abrasi akan terus menggerogoti bagian pantai sehingga air laut akan menggenangi daerah-daerah yang dulunya dijadikan tempat bermain pasir ataupun pemukiman penduduk.

Guna mencegah / mengurangi timbulya Abrasi dari gelombang laut, Babinsa Desa Sidomulyo Koramil 0801/07 Ngadirojo Serka Bibit, bersama Masyarakat Dusun Soge Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Warga PSHT Rayon Sidomulyo, Ranting Sudimoro melaksanakan Penanaman pohon Pandan di Pantai Soge. Minggu ( 14/4/2019)

Sekitar 50 orang ikut dalam penanaman Pohon pandan di Patai Soge tersebut, selain Babinsa Serka Bibit, Masyarakat Dusun Soge juga Kasun Dusun Soge Bapak Widodo dan Kades Desa Sidomulyo Bapak Tranggono.

“Pagi ini kita menanam 1000 Pohon Pandan di Pantai Soge bersama Masyarakat dan Warga PSHT Rayon Sidomulyo dengan harapan dengan penanaman ini bisa mengurangi Abrasi dan membuat Pantai kita lebih teduh yang akan semakin memperindan Pantai kita”, jelas Bibit

Pada Kesempatan tersebut Kades Sidomulyo Bapak Tranggono menyampaikan Apresiasi dan Ucapan terima kasihnya kepada Babinsa dan semua yang hadir dalam Penanaman pohon Pandan tersebut.

“Terima kasih atas partisipasi Bapak Babinsa dan Masyarakat Dusun Soge dalam menjaga Pantai kita, semoga dengan semakin berkembangnya Pariwisata di Pacitan akan semakin ramai juga kunjungan wisatawan di Pantai Soge, yang akan berdampak pada Peningkatan Pendapatan Desa dan kesejahteraan Masyarakat kita”, ujarnya.

Secara singkat Suhendo Ketua PSHT Rayon Sidomulyo menyampaikan, “Kami siap berpartisipasi apabila dibutuhkan oleh Desa Maupun Babinsa, karena kami Bagian dari Masyarakat Desa dan berlatih di Desa Sidomulyo”, jelasnya (Pendim0801)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed